I'm Asep Rudi Casmana: Posting pasca ujian PPL di SMA Labschool Jakarta

WILUJEUNG SUMPING DINA SERATAN KANG ASEP


Selasa, 12 November 2013

Posting pasca ujian PPL di SMA Labschool Jakarta

"Bagaikan seseorang yang baru saja mengeluarkan tinja"

Itulah ungkapan perasaan saya setelah melaksanakan ujian PPL atau dikenal dengan praktik pengenalan lapangan. Ketika tulisan ini di ketik, saya baru saja keluar dari kelas X IPS 2 dan melaksanakan mengajar yang disaksikan langsung oleh dosen pembimbing dan guru pamong.

Perasaan tidak tenang seperti ini muncul seminggu yang lalu, ketika saya menentukan jadwal ujian PPL akan dilaksanakan pada hari rabu tanggal 13 november 2013. saya juga menentukan kelasnya di X IPS 2, alasannya karena siswa/i di kelas ini menurut saya paling nyaman ketika saya mengajar. materi yang akan diujiankan yaitu membahas mengenai Konstitusi/UUD 1945. Namun sebelum itu, saya mendapat tamparan yang sangat mengena di hati karena sebelumnya guru pamong menanyakan sesuatu yang sangat mendasar mengenai UUD dan saya tidak bisa menjawab. untungnya pertanyaan itu muncul di belakang layar, sehingga saya bisa memperbaikinya.

Pada akhirnya, saya sukses dan semuanya lancar ketika saya menjelaskan. para siswa dapat bekerja sama dengan baik. 

Inilah beberapa step yang saya kerjakan menuju ujian PPL di SMA Labschool Jakarta.

"Jika kamu naik panggung tanpa persiapan, maka bersiap-siaplah untuk turun panggung tanpa penghormatan"

Itu adalah prinsip yang saya pegang teguh ketika saya mempersiapkan diri untuk melaksanakan ujian PPL. ada beberapa hal yang saya persiapkan, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Diskusi dengan kawan yang membahas materi yg sama
Diskusi dengan kawan yang akan mengajar materi yang sama. Pada dasarnya, saya mengajar kelas 1. di SMA Labschool ini ada 3 orang yang sama-sama membahas mengenai UUD. Yaitu Ela dan Lian. kami menyempatkan waktu untuk berdiskusi untuk membahas mengenai materi yang akan dikaji. kami bertiga benar-benar saling berdiskusi dan membedah mengenai UUD. mulai dari sejarah perkembangan UUD 1945 sampai dengan amandemen terakhir tahun 2002 serta lengkap dengan peristiwa-peristiwa penting yang terjadi pada saat itu. Meskipun disela-sela kesibukan rapat BEM, namun kita tetap berdiskusi. saya masih ingat betul pada waktu itu ada beberapa kesibukan. pagi-pagi saya menjadi MC dalam Talk show kewirausahaan, serta sore nya membahas mengenai perlombaan Fis Expo. disela-sela kesibukaan itulah letak posisi yang nyaman untuk belajar, karena saya benar-benar merasa kalau waktu itu sangat berharga jika tidak dimanfaatkan dengan baik.


"Buku adalah gudangnya ilmu, membaca adalah kuncinya"

2. Follow up materi dengan mencari dari berbagai sumber

Setelah saya berdiskusi, akhirnya saya menemukan berbagai pertanyaan yang sulit untuk dijawab. Inisiatif saya adalah pergi ke Perpustakaan UNJ untuk mencari buku-buku yang sejenis mengenai UUD. Finally, saya menemukan buku yang sangat membuat saya senang. Saya meminjam dua buku mengenai Konstitusi Republik Indonesia. ada beberapa bab yang relevan dengan materi yang akan saya ajarkan.
Pada dasarnya, kita membutuhkan cadangan ilmu pengetahuan yang akan diajarkan kepada siswa. mereka akan bertanya. setelah menemukan buku yang isinya sesuai, langsung saya baca dan dibedah samapi kupas habis.
Ini adalah hal yang sangat penting. salah satu kunci untuk menghilangkan grogi pada saat ujian PPL adalah cadangan ilmu pengetahuan. dengan adanya banyak cadangan, saya merasa lebih percaya diri dan merasa enjoy ketika mengajar. karena pembicaraan di kelas terkadang melantur kemana-mana. namun masih dengan koridor UUD 1945.

3.  Persiapkan perangkat pembelajaran.
Ini adalah hal yang paling penting. administrasi juga jangan dilupakan. seperti misalnya RPP, Slide PPT nya di print, serta worksheet dan yang sejenisnya.

Pokonya semua yang berkaitan dengan ujian PPL semuanya harus dibawa.
dan tidak lupa yang paling penting adalah berdoa dan meminta doa restu orang tua.

Ini adalah langkah saya dalam menyelesaikan di semester 7. 
kini satu persatu kesibukaan saya di dunia perkuliahan telah habis.
tinggal SPS.
sejak tulisan ini dibuat, waktu wisuda saya tinggal 7 bulan lagi.

PPL di SMA Labschool Jakarta merupakan bagian dari 100 mimpi yang telah saya tuliskan.
dan kini telah terlaksana.
Alhamdulillah,

dan ini bukanlah akhir dari segalanya.

Sekarang saatnya saya melangkah lebih maju lagi untuk menyongsong masa depan.
Bismillah S2, Pasca Sarjana jurusan Ilmu Politik di Columbia University, United States of America.
Semoga terlaksana.

Columbia University, USA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar