I'm Asep Rudi Casmana: Derita mahasiswa tingkat akhir

WILUJEUNG SUMPING DINA SERATAN KANG ASEP


Sabtu, 23 November 2013

Derita mahasiswa tingkat akhir

Dunia perkuliahan memang penuh dengan liku-liku, baik itu mengenai hal yang senang maupun hal yang sulit. semuanya akan dirasakan oleh para mahasiswa sesuai dengan kesibukan dan keahliannya dibidang masing-masing. Namun saya juga berasumsi bahwa setiap jalan yang ditempuh dan diraih akan memperoleh konsekuensi. Tentunya hal itu juga akan berdampak pada individu masing-masing.

Pada tulisan kali ini, saya akan sedikit sharing mengenai aktivitas saya di semester ketujuh, atau di tingkat akhir fase pertama. saya katakan fase pertama karena masih ada fase kedua yang saya yakin akan lebih terasa "waw" dari semester ini. Memang pada awalnya saya tidak akan pernah terfikirkan bahwa hal ini akan terjadi, namun semuanya benar-benar "HAPPY ENDING". saya sangat menyukai hal-hal yang pernah saya alami di tingkat akhir fase pertama ini.

Ketika menginjak semester ketujuh, saya berfikir bahwa ini tidak akan terlalu sibuk. karena masa-masa saya menjadi Ketua Umum HMJ ISP telah selesai, dulu saya juga mengatakan bahwa semester tersibuk yang pernah kualami adalah semester 4 dan 5.karena  kedua semester itu ketika saya menjabat sebagai ketua. namun sekarang saya katakan tidak. 

Ini adalah kisah dari kesibukan saya di semester ketujuh.

"Semakin sibuk seseorang, maka kadar kedewasaanya semakin meningkat"

Entah saya mendapatkan pepatah tersebut dari mana, namun hal ini benar-benar terasa oleh saya.
Beriku beberapa kegiatan rutin yang saya kerjakan di smester ketujuh :

1. Praktek Pengenalan Lapangan (PPL)
PPL merupakan agenda wajib saya di semester ketujuh. saya yakin semua mahasiswa UNJ yang mengambil prodi kependidikan semuanya sedang mengalami yang namanya PPL. namun tempat PPL yang saya ambil sangat dekat yaitu di SMA Labschool Jakarta. Meskipun jarak dekatnya dengan kampus tidak menjadi indikator bahwa saya akan bersantai-santai. Setiap hari saya pukul 06.30 sudah di sekolah, dan baru boleh pulang bareng dengan siswa yaitu pukul 15.30. Hal ini benar-benar sangat menguras waktu dan pemikiran. Meskipun demikian, saya sangat bersyukur karena bisa diterima untuk PPL di SMA Labschool Jakarta. Tidak semua mahasiswa UNJ bisa PPL di tempat ini. Disini banyak pengalaman serta ilmu yang saya peroleh. bukan hanya pengalaman mengajar, namun juga administrasi serta kegiatan ekstrakurikuler juga saya peroleh. Karena Labschool adalah sekolah swasta terbaik di DKI Jakarta.


2. Seminar Proposal Skripsi (SPS)
Agenda kewajiban saya yang kedua adalah mengerjakan SPS, ini saya ambil supaya mempermudah ketika di semester 8. saya berasumsi bahwa dengan mengambil SPS sekarang, saya bisa membagi waktu untuk konsultasi dan ppl. Namun ternyata tuhan berkehendak lain. saya mendapatkan dosen yang sangat hebat dan luar biasa, saya akui bahwa beliau adalah orang-orang hebat. Ini sangat memacu adrenalin saya supaya terus bersemangat dalam menggali informasi dan membaca buku supaya lebih baik dalam mengerjakan skripsinya. meskipun demikian, saya merasa sangat enjoy dengan SPS, dan tidak merasa terbebani sedikitpun.

3. Departemen Pendidikan BEM FIS UNJ
Dari awal kuliah saya sudah memiliki prinsip belajar bahwa "Kuliah nomor satu, organisasi yang paling utama". prinsip tersebut masih saya pegang hingga saat ini. Dan ini merupakan konsekuensi saya untuk terus berusaha dalam menjalankannya. Hal itu menjadi tantangan, ketika orang-orang gagal dalam menjalankan amanahnya sebagai kepala departemen disebuah organisasi. Salahsatu program terbesar saya adalah mengadakan Olimpiade Ilmu Sosial UNJ. Saya akui bahwa program ini terancam untuk tidak terlaksana, namun karena kegigihan serta semangat dan dorongan dari para staff yang sangat luar biasa sehingga program ini terlaksana. saya merasa sangat senang atas suksesnya program OIS UNJ 2013 yang pertama ini.


4. TOEFL Course
Selain kegiatan wajib di kampus, saya juga memiliki rutinitas diluar kampus. yaitu setiap hari selasa dan kamis pukul 19.00 s.d. 21.00 WIB saya mengikuti kursus TOEFL di Universitas Indonesia. program ini saya ikuti guna menunjang dalam mewujudkan impian saya untuk dapat melanjutkan master degree di USA. Salahsatu mimpi saya berikutnya adalah melanjutkan kuliah S2 di Amerika Serikat dengan jurusan Ilmu Politik. "Sebuah mimpi yang besar harus diikuti dengan langkah nyata" inilah hal yang saya lalui untuk mewujudkan mimpi-mimpi saya.

Waktu terus bergulir, perlahan tapi pasti beberapa aktifitas saya telah selesai. Pelaksanaan PPL saya sudah ujian, sehingga saya merasa lebih lega. tinggal menyusun laporannya. ini dapat membuat nafas saya menjadi lebih leluasa. 

Begitupun aktifitas kedua, dengan selesainya FIS UNJ Jazz 2013, program kerja BEM FIS sudah terlaksana semuanya. sehingga BEM selesai, tinggal penyusunan laporan pertanggungjawaban akhir kepengurusan.

selanjutnya SPS, mungkin ini yang akan menjadi aktifitas kesibukan saya sekarang. karena saya hasus segera menyelesaikan sampai bab 3. pelaksanaan sidang akan dilaksanakan pada tanggal 23 Desember jika tidak ada perubahan. semoga lancar...
dan TOEFL juga akan berakhir minggu depan.

Well, meskipun keempat agenda utama saya di semester ketujuh sangat padat namun saya sangat senang karena bisa bertemu dengan orang-orang yang baru. 

semangat berjuang !
salam perubahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar