I'm Asep Rudi Casmana: Sambutan Terakhir Seorang Pemimpin

WILUJEUNG SUMPING DINA SERATAN KANG ASEP


Rabu, 13 Februari 2013

Sambutan Terakhir Seorang Pemimpin

13581767251557203320Assalamualaikum Wr. Wb.
Bapak Dr. Sarkadi, M.Si. sebagai Pembantu Dekan III yang saya hormati.
Ibu Dr. Etin Solihatin, M.Pd. Sebagai Ketua Jurusan Ilmu Sosial Politik yang saya hormati.
Bapak Dr. M. Japar, M.Si., dan Ibu Wina Puspitasari, M.Si. sebagai Dosen Pembingbing HMJ Ilmu Sosial Politik 2012/2013 yang saya hormati.
Para pengurus HMJ Ilmu Sosial Politik UNJ 2012/2013 yang saya banggakan
Serta para mahasiswa jurusan Ilmu Sosial Politik Universitas Negeri Jakarta.
Puji syukur marilah kita panjatkann kehadirat tuhan yang maha esa, karena dengan rahmat dan hidayahnya kita semua dapat berkumpul di tempat ini dalam rangka Rapat Tahunan Anggota (RTA) HMJ Ilmu Sosial Politik Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta 2012/2013.
Hadirin para peserta Rapat Tahunan Anggota HMJ ISP yang saya hormati,
Perkenankanlah saya Asep Rudi Casmana sebagai Ketua Umum HMJ Ilmu Sosial Politik UNJ 2012/2013 akan menyampaikan laporan pertanggungjawaban selama satu tahun kepengurusan terhitung saat dilantik pada tanggal 30 Maret 2012 hingga saat ini.
Organisasi HMJ Ilmu Sosial Politik merupakan salah satu OPMAWA di tingkat jurusan yang ada di Fakultas Ilmu Sosial. HMJ ISP bertujuan untuk mengembangkan dan memberikan soft skill bagi mahasiswa jurusan Ilmu Sosial Politik berupa pengalaman dan penerapan. Sebagai suatu jurusan yang memiliki dua program studi yaitu Pendidikan pancasila dan kewarganegaraan serta Hubungan masyarakat maka HMJ ISP berusaha untuk mewadahi dan menaungi serta mengakomodasi keduanya. Oleh sebab itu para mahasiswa yang menjadi pengurus HMJ ISP merupakan mahasiswa-mahasiswa pilihan yang berkontribusi dan meluangkan sebagian waktunya untuk dapat mengembangkan diri.
Hadirin para peserta sidang Rapat Tahunan Aggota HMJ ISP yang saya hormati,
Sebagai ketua umum HMJ ISP, saya akan memaparkan program kerja serta penjelasan-penjelasan yang telah tercantup dalam Garis Besar Program Kerja (GBPK) Ketua Umum Hmj ISP 2012/2013. Ada tiga program kerja Ketua Umum HMJ Ilmu Sosial Politik yang tercantum dalam GBPK tertanggal 30 maret 2013.
Yang pertama adalah kajian rutin ilmu sosial politik (Kritis), program ini merupakan program rutin dari mahasiswa ilmu sosial politik yang selalu dilaksanakan setiap dua minggu sekali pada hari kamis yang dilaksanakan di sekretariat Ilmu Sosial Politik. Program ini bertujuan untuk mengasah kekritisan mahasiswa Ilmu Sosial Politik. Para mahasiswa yang mengikuti kajian ini adalah mahasiswa jurusan ilmu sosial politik dan mahasiswa jurusan lain yang mendapatkan undangan dari HMJ Ilmu Sosial Politik, mereka yang selalu mengikuti kajian tersebut secara bergiliran akan menjadi pembicara dalam kajian ini. sehingga selain di bidang intelektual, kemampuan publik speaking pun akan terlatih. Dunia kajian merupakan kultur mahasiswa yang jangan sampai terlupakan, melalui hal inilah kami berusaha meneruskan kultur itu supaya tidak terputus.
Yang kedua adalah Ilmu Sosial Politik Edutainment Fair (ISP Edu Fair), program ini merupakan program program unggulan kedua dari kepengurusan HMJ Ilmu Sosial Politik 2012/2013. Program ini diwujudkan dalam bentuk perlombaan-perlombaan dan seminar-seminar yang digabungkan dengan para biro yang lain. Jenis acara yang dilaksanakan pada program ini adalah Lomba tarian daerah Nusantara dan lomba festival band se DKI Jakarta. Dilanjutkan dengan seminar internasional yang dilaksanakan di Gedung Syafei UNJ. Dengan adanya program kerja ini diharapkan para mahasiswa jurusan ilmu sosial politik dapat mengeksplor semua potensi-potensi mahasiswa jurusan ilmu sosial politik dalam bidang seni.
Yang ketiga adalah kunjungan ke gedung DPR dan ke gedung Mahkamah Konstitusi. Dalam kunjungan ini para mahasiswa dapat mengeksplirasi diri dalam bidangnya masing masing. Di Humas DPR mahasiswa akan mengenai wawasan yang ada di luar kampus. Bukan hanya sekadar teori-teori di kampus. Sedangkan di Mahkamah Konstitusi para mahasiswa telah mendapatkan pemahaman langsung dari salah satu hakim konstitusi
Para peserta sidang RTA yang saya hormati,
Selama satu tahun kami melaksanakan program kerja Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Sosial Politik. Berbagai canda tawa, suka dan duka pada saat melaksanakan program kerja telah menghiasi hari-hari selama kuliah dan menjabat di Jurusan Ilmu Sosial politik. Kenangan-kenangan indah itu tidak akan pernah terlupakan dan akan menjadi kenangan yang sangat indah dalam hidup kami selaku pengurus HMJ Ilmu Sosial politik UNJ. Semoga pengalaman indah ini akan menjadi sesuatu yang sangat berharga bagi semuanya.
Mungkin hanya ucapan terimakasih yang dapat saya ungkapkan kepada semuanya, walaupun saya merasa ucapan ini tidak sebanding dengan apa yang telah dilakukan oleh semua pihak yang telah mensukseskan pengurus HMJ Ilmu Sosial politik tahun ini. dengan rasa ketulusan saya ucapkan sebanyak-banyaknya kepada :
  • Kepada pembantu Dekan III Fakultas Ilmu Sosial Bapak Dr. Sarkadi, M.Si., Ibu Ketua Jurusan Ilmu Sosial Politik Dr. Etin Solihatin, M.Pd., Ibu Kaprodi PR Ibu Kinkin  Yuliati, M.Si., dan Para dosen pembimbing Bapak Dr. M. Japar, M.Si., dan Ibu Wina Puspitasari, M.Si. terimakasih atas saran dan pendapatnya demi kemajuan dan kesuksesan HMJ Ilmu Sosial Politik.

  • Teman-teman pengurus HMJ Ilmu Sosial Politik yang telah mensukseskan HMJ ISP, Dwi Amaliyatul Mahmudah, Mutia Helinda, Nalika Marcelina, Nurlaelasari, Gita Sonia, Raden Hidayatullah, Gugun Gunawan, Festi Caturifanti, Jafar Shodiq, Fazlur Rahman, Mia Rahmawati, Nike Puspitasari, Rahma Novia, Dwi Rahmat Apriliani, Fahmi Nurdiansyah, Deviana, Samira Adriana, Arini Jehan, Rosma, Rini Suparmiati, Yusuf Akbari. Kalian adalah pahlawan dalam kesuksesan HMJ Ilmu Sosial Politik 2012/2013.

  • Kaka kaka kepengurusan Ka Niko Efriza Marplin dan Ka Rizki Surya Wijaya yang telah memberikan arahan dan motivasi yang luar biasa kepada kami.

  • Adik adiku angkatan 2011 yang telah mensukseskan program kerja, kami sangat senang dan akan selalu merindukan kerja sama dan kerja tim bersama kalian.

  • Adik adik angkatan 2012 yang telah berpartisipasi selama satu semester dalam kepengurusan kami. Kalian adalah mahasiswa luar biasa bagi kami.

  • Teman teman dari Himpunan Mahasiswa Islam UNJ yang telah membantu kesuksesan HMJ Ilmu Sosial Politik UNJ.

  • Kaka-kaka senior dan alumni ISP yang telah memberikan dukungannya baik berupa materil maupun moril, sehingga sukses HMJ Ilmu Sosial Politik ini.
Terimakasih semuanya, kalian semua adalah pahlawan bagi HMJ Ilmu Sosial Politik. Tanpa adanya kalian, saya hanyalah seorang manusia yang tidak dapat melakukan apa-apa.
Teman teman mahasiswa Ilmu Sosial politik.
Saya akan selalu merindukan masa-masa seperti ini, masa-masa bekerjasama dengan kalian, masa-masa sudah dan senang bersama kalian. Kalian semua bagaikan lilin dan pelita yang akan selalu menyala dan tidak akan pernah padam bagi saya. Kalian semua telah meninggalkan goresan tinta emas dalam sebuah kertas dikehidupan saya. Kalian semua adalah segala-galanya bagi saya.
Sebagai penutup, izinkanlah saya mengucapkan kata maaf kepada seluruh mahasiswa Ilmu Sosial Politik, hanya inilah yang dapat saya berikan kepada para mahasiswa Ilmu Sosial Politik, hanya inilah kemampuan kami, hanya sebatas inilah yang dapat kami lakukan. Semoga dengan apa yang telah kami lakukan, tidak akan ada dusta diantara kita. Maafkanlah atas semua kesalahan kami.
Hati kecil ini selalu berdoa semoga kepengurusan HMJ Ilmu Sosial Politik periode berikutnya dapat meneruskan estafet dan melanjutkan apa yang telah kami berikan.
Tuhan maafkan aku yang selalu melalaikan amanahmu,
Kaka maafkan aku, atas tingkahlaku, ucapan dan perbuatanku yang terkadang menyakitimu.
Teman-teman maafkan aku, karena aku selalu membuatmu kesal.
Adik adik maafkan aku yang tidak bisa menjadi contoh yang baik bagimu.
Tetapi dalam renungan ini aku sangat bangga dan sayang sama kalian. Ku harap semua kenangan indah yang telah kita lakukan akan menjadi bekal dikemudian hari.
Terimakasih atas perhatiannya,
Bilahitaufik wal hidayah, Wassalamualaikum, Wr. Wb.
Jakarta, 09 januari 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar